Click Here to Search This Site

Jumat, 18 Mei 2012

Menggunakan Event dan Property part 3

1.3 Menulis Kode Program : Property Test

Buka Jendela Code dan kenali bagian-bagian di dalamnya :

Gambar Code Editor

      Program yang berbasis Windows bersifat event-driven, artinya program bekerja berdasarkan event yang terjadi pada object di dalam program tersebut. Misalnya, jika seorang user meng-klik sebuah tombol maka program akan memberikan “reaksi” terhadap event klik tersebut. Program akan memberikan “reaksi” sesuai dengan kode-kode program yang dibuat untuk suatu event pada object tertentu.

     Pilih object Command1 pada bagian Object Selector. Secara otomatis pada bagian Code Editor akan muncul blok kode program berikut :

Private Sub Command1_Click()

End Sub

      Event Click merupakan event default (standar) dari object Command1, Anda bisa melihat event lainnya\  pada bagian Event Selector.

Pada bagian Code Editor ketikkan kode programnya sebagai berikut :

Private Sub Command1_Click()
Label2.Caption = Text1.Text
End Sub

Private Sub Command2_Click()
End
End Sub

        Simpan Project1 (nama file : Latihan.vbp) dan Form1 (nama file : Lat1.frm). VB 6 akan menyimpan program yang Anda buat ke dalam beberapa file yang saling terkait, antara lain : file project (*.vbp), file form (*.frm) dan file module (*.bas).

        Coba jalankan Project1 dengan meng-klik tombol Start  pada bagian Toolbar atau tekan tombol F5 pada keyboard. Ketikkan “Salman” di dalam TextBox kemudian klik tombol OK. Maka akan tampil hasil sebagai berikut :



Gambar Running Program
Sumber : Cepat Mahir Visual Basic 6.0 - Krisna D. Octovhiana - Kuliah Berseri IlmuKomputer.Com



Menggunakan Event dan Property part 2

1.2 Mengatur Property Object
      Kenali bagian-bagian di dalam Jendela Properties :




Melalui Jendela Properties atur property setiap object sebagai berikut :











Sehingga UI-nya menjadi seperti ini :
















Sumber : Cepat Mahir Visual Basic 6.0 - Krisna D. Octovhiana - Kuliah Berseri IlmuKomputer.Com